Finance Mudhorobah



Modal pengembangan usahadikenakan bagi hasil dari laba sebesar 70% untuk peminjam dan 30% untuk DANAKU AMANAH, dibayar sesuai kesepakatan peminjam dengan pengurus. Mudhorobah merupakan penanaman dana dari pemilik dana (shahibul maal) kepada pengelola dana (mudharib) untuk melakukan kegiatan usaha tertentu dengan pembagian menggunakan metode bagi untung rugi (profit and loss sharing) atau metode bagi pendapatan (revenue sharing) antara kedua belah pihak berdasarkan nisbah (bagian keuntungan usaha bagi masing-masing pihak yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan yang telah disepakati sebelumnya).

Dalam pembiayaan mudhorobah, DANAKU AMANAH bertindak sebagai shahibul maal dan nasabah bertindak sebagai mudharib. Jangka waktu pembiayaan, pengembalian dana dan pembagian keuntungan ditentukan berdasarkan kesepakatan DANAKU AMANAH dan nasabah. Meskipun DANAKU AMANAH tidak ikut serta dalam pengelolaan usaha nasabah, namun DANAKU AMANAH memiliki hak dalam pengawasan dan pembinaan usaha nasabah.
Apabila usaha yang dibiayai tersebut mengalami kerugian, maka sepenuhnya ditanggung oleh DANAKU AMANAH, kecuali kerugian tersebut terjadi akibat dari kesalahan/ penyalahgunaan yang dilakukan oleh nasabah.

Dalam hal ini, DANAKU AMANAH dapat meminta jaminan/ agunan untuk mengantisipasi risiko apabila nasabah tidak memenuhi kewajiban sebagaimana dimuat dalam akad. Sebagaimana skema pembiayaan yang lain, skema pembiayaan bagi hasil juga memiliki kelemahan dalam penerapannya terutama berkaitan dengan besarnya risiko yang meliputi risiko pembiayaan, risiko pasar dan risiko operasional. Untuk meminimalisir risiko UUPS mewajibkan semua unit usaha Syariah menerapkan manajemen risiko. Kendala penerapan pembiayaan ini terutama berkaitan dengan masalah keagenan yaitu asimetric information, moral hazard dan adverse selection (seleksi yang merugikan). Dalam prakteknya kendala-kendala ini diantisipasi dengan penerapan Incentive-compatible constraint.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *